Wednesday, December 17, 2008

FOTO

SALAM JA YANG MASIH KUL DI KANJURUHAN MALANG, AKU INGIN SAMPAIKAN GIMANA KALO KITA BUAT ALUMNI YANG BERADA DI BATAM GIMANA MOGA SEPAKAT JA KEY

Tuesday, December 16, 2008

foto

hai aku da di batam nih

soal

Kisi kisi SOAL SEMESTER GANJIL

Jenis sekolah : SMP HARAPAN UTAMA

Kelas : VIII

Tahun pelajaran : 2008/2009

Mata pelajaran : IPST

Alokasi : 90 MENIT

No

Komptensi dasar

Bahan kelas

Materi pkok

Indikator soal

Bentuk test

No soal

Soal

Kunci

01

Mendes-kripsikan kondisi fisik wilayah dan pendudu

VIII/I

Letak geografis Indonesia (posisigeografis dan letak geografis

Siswa dapat menyebutkan wilayah indonesia yang berada di selatan

PG

1

Wilayah Indonesia paling selatan adalah daerah ....

a. Pulau Nusa Barung

b. Pulau Weh

c. Pulau Roti

d. Pulau Kei

C

02

Mendes-kripsikan kondisi fisik wilayah dan pendudu

VIII/I

Letak geografis Indonesia (posisigeografis dan letak geografis

Siswa mampu menjelaskan daerah daerah persebaran flora dan fauna di indoensia

PG

2

Garis batas persebaran flora dan fauna. Indonesia bagian barat dan tengah disebut garis ....

a. Wallace c. Weber

b. Barat d. Timur

A

03

Mendes-kripsikan kondisi fisik wilayah dan pendudu

VIII/I

Letak geografis Indonesia (posisigeografis dan letak geografis

Siswa dapat menyebutkan letak astronomis indonesia

PG

3

Letak astronomis Indonesia adalah ... .

a. 6o LU - 11o LU dan 94o BT - 141o BT

b. 6o LU - 11o LS dan 94o BT - 141o BT

c. 6o LS - 11o LS dan 94o BB - 141o BB

d. 6o LU - 11o LS dan 94o BT - 141o BS

B

04

Mendes-kripsikan kondisi fisik wilayah dan pendudu

VIII/I

Faktor faktor pembentuk tanah

Siswa mampu menyebutkan faktor faktor pembentuk tanah

PG

4

Berikut merupakan faktor-faktor pembentuk tanah, kecuali ... .

a. cuaca/iklim c. topografi/kemiringan lereng

b. bunga tanah d. batuan induk

D

05

Mendes-kripsikan kondisi fisik wilayah dan pendudu

VIII/I

Jenis jenis tanah

Siswa dapat menjelaskan macam macam tanah

PG

5

Tanah yang terbentuk akibat pengendapan bahan organik adalah tanah ....

a. Histosol c. Grumusol

b. Alluvial d. Latosol

B

06

Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah.

VIII/I

Pengaruh pendiudikan barat terhadap bangsa indonesia

Siswa dapat mendeskripsikan pengaruh pendidikan barat terhadap bangsa indonesia

PG

6

Pengaruh pendidikan Barat terhadap bangsa Indonesia ialah....

a. melahirkan golongan terpelajar

b. melahirkan tokoh politik

c. memunculkan ahli ekonomi

d. munculnya golongan anti Belanda

A

07

Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya.

VIII/I

Dinamika penduduk

Siswa dapat menyebutkan factor dinamika penduduk

PG

7

Faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk adalah ... .

a. migrasi, pendapatan, dan pertumbuhan penduduk

b. jumlah penduduk, pertumbuhan penduduk, dan migrasi

c. kelahiran, migrasi, dan keluarga berencana

d. kelahiran, kematian, dan migrasi

D

08

Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya.

VIII/I

Macam Macam sensus

Siswa dapat mendeskripsikan jenis jenis sensus

PG

8

Made adalah orang Bali asli, sudah dua tahun ia kuliah di Universitas Indonesia (UI) Jakarta. Pada waktu pelaksanaan sensus ternyata Made ikut disensus di Jakarta. Pelaksanaan sensus seperti itu disebut ... .

a. convasser c. de jure

b. house holder d. de facto

D

09

Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya.

VIII/I

Factor tingkat kelahiran

Siswa dapat menyebutkan factor kelahiran dan kematian

PG

9

Penundaan usia pernikahan yang dilakukan oleh seseorang karena alasan ekonomi, menempuh pendidikan ataupun karir secara tidak langsung dapat memengaruhi pertumbuhan penduduk, karena hal tersebut termasuk factor….... .

a. antinatalitas c. antimortalitas

b. pronatalitas d. promortalitas

A

10

Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya.

VIII/I

Macam macam piramida penduduk

Siswa dapat mendeskripsikan gambar piramida penduduk

PG

10

Gambar di atas merupakan piramida tipe ... .

a. konstruktif c. ekspansif

b. stasioner d. konvensional

B

11

Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya.

VIII/I

Kepadatan penduduk

Siswa dapat mendeskripsikan kepadatan penduduk

PG

11

Perhitungan kepadatan penduduk berdasarkan perbandingan antara jumlah penduduk dengan luas wilayah yang ditempatinya

disebut kepadatan penduduk ….

a. fisiologi c. umum

b. agraris d. ekonomis

A

12

Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya.

VIII/I

Komposisi penduduk

Siswa dapat mendeskripsikan penduduk berdasarkan umur

PG

12

Golongan umur non produktif dalam komposisi penduduk adalah ....

a. 0 – 15 tahun c. 35 – 45 tahun

b. 15 – 35 tahun d. 45 – 65 tahun

A

13

Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya.

VIII/I

Angka kelahiran dan kematian

Siswa dapat mendeskripsikan angka kelahiran

PG

13

Angka yang menunjukkan jumlah bayi lahir hidup dari setiap 1000 orang penduduk dalam waktu satu tahun ....

a. CBR c. ASFR

b. IMR d. Sex ratio

A

14

Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya.

VIII/I

Penghitungan jumlah angka kelahiran

Siswa dapat menghitung angka kelahiran penduduk

PG

14

Jumlah bayi yang lahir di kabupaten A adalah 1500 bayi, Sedangkan jumlah wanita berusia 15 – 49 tahun pada pertengahan

tahun tersebut adalah 75,000 jiwa. Berapakah angka kelahiran umum-nya?

a. 5 c. 15

b. 10 d. 20

B

15

Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya.

VIII/I

Pertambahan penduduk

Siswa dapat menhghitung angka pertumbuhan penduduk

PG

15

Penduduk daerah X tahun 2005 berjumlah 218 juta, Tingkat kelahiran 1,5% dan tingkat kematian 1%, Pertambahan penduduk

alami daerah X tahun 2005 yaitu ....

a. 218.000 c. 2.180.000

b. 1.090.000 d. 2.270.000

A

16

Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya.

VIII/I

Sex ratio

Siswa dapat menjelaskan angka rasio ketergantungan

PG

16

Angka dependency ratio 55 artinya, yaitu ....

a. setiap 100 penduduk usia produktif menanggungn 55 jiwa yang tidak produktif

b. setiap 55 penduduk usia produktif menanggung 100 jiwa yang tidak produktif

c. setiap 100 penduduk usia produktif memiliki harapan hidup 55 tahun

d. setiap 55 penduduk usia produktif memiliki harapan hidup 100 tahun

B

17

Mendes-kripsikan perma-salahan lingkungan hidup dan upaya penanggu-langannya dalam pemba-ngunan berkelanjutan.

VIII/I

Lingkungan

Siswa dapat menjelaskan pengertian lingkungan

PG

17

Ruang yang ditempati makhluk hidup bersama benda tak hidup disebut ... .

a. ekosistem c. populasi

b. lingkungan d. habitat

B

18

Mendes-kripsikan perma-salahan lingkungan hidup dan upaya penanggu-langannya dalam pemba-ngunan berkelanjutan.

VIII/I

Unsur unsure lingkungan

Siswa dapat menyebutkan unsure unsure lingkungan

PG

18

Berikut yang bukan merupakan unsur-unsur lingkungan adalah ... .

a. unsur biotik c. unsur abiotik

b. unsur manajemen lingkungan d. unsur sosial budaya

B

19

Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah.

VIII/I

Masa pemerintahan Daendels

Siswa menjelaskan system yang diteapkan oleh daendels

PG

19

Tugas pokok Herman Willem Daendels dikirim ke Indonesia adalah untuk melaksanakan....

a. mempertahankan pulau Jawa dari ancaman Inggris

b. memimpin rakyat pulau Jawa melaksanakan kerja rodi

c. membangun jalan raya dari Anyer sampai Panarukan

d. mengembalikan kekuasaan pemerintah pada VOC

C

20

Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah.

VIII/I

Factor pendorong kedatangan bangsa barat

Siswa dapat menjelaskan factor pendorong kedatangan bangsa barat

PG

20

Salah satu faktor yang mendorong bangsa Barat menjelajah samudra pada abad ke-16 adalah semangat glory, yaitu ... .

a. semangat pembalasan sebagai tindak lanjut Perang Salib

b. semangat menyebarkan agama Nasrani

c. semangat memperoleh kejayaan dan wilayah jajahan

d. semangat untuk mencari kekayaan

C

21

Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah.

VIII/I

Penyebab daendels disebut sebagai tangan besi

Siswa dapat menjelaskan penyebab daendels disebut sebagai tangan besi

PG

21

Daendels dikenal sebagai jenderal bertangan besi sebab ...

a. arah kebijakannya difokuskan untuk membangun angkatan perang

b. banyak membangun pabrik senjata dan mesin

c. memerintah dengan keras dan kejam

d. tidak memperhatikan kesejahteraan rakyat

C

22

Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah.

VIII/I

Nama pahlawan di tanah bali

Siswa dapat menyebutkan nama tokoh perlawanan di bali

PG

22

Patih dan panglima kerajaan Buleleng yang terkenal dalam perlawanan terhadap Belanda adalah ....

a. I Gusti Ktut Jelantik

b. I Gusti Ngurah Rai

c. I Nyoman Panji Tisna

d. I Gusti Ngurah Made Gayam

A

23

Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah.

VIII/I

Orang yang pertama kali datang ke indonesia

Siswa dapat menyebutkan nama tokoh belanda yang pertama datang di indonesia

PG

23

Bangsa Belanda pertama kali datang ke Indonesia dipimpin oleh ....

a. Jacob Van Neck

b. Cornelis de Houtman

c. Herman Willam Daendels

d. Johanes Van Den Bosh

B

24

Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah.

VIII/I

Tujuan dibuatnya UU Agraria

Siswa dapat menyebutkan tujuan dibuatnya UU Agraria

PG

24

Tujuan disusunnya Undang-Undang Agraria oleh Belanda antara lain....

a. melarang orang asing menyewa tanah di Indonesia

b. memperkuat hak milik bagi petani di pedesaan

c. membatasi luas tanah yang dimiliki oleh perkebunan

d. melindungi hak milik petani atas tanahnya dari penguasaan modal asing

D

25

Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah.

VIII/I

Arti Hukum Hak Tawan Karang di tanah bali

Siswa dapat mendeskripsikan Hak Tawan Karang di bali

PG

25

Pemicu terjadinya Perang Bali adalah adanya Hak Tawan Karang, yaitu ... .

a. hak untuk mendapat kekayaan alam laut

b. hak menyita barang dari kapal yang terdampar

c. hak mendapat upeti dari kapal yang singgah

d. hak menyita barang rampasan perang

B

26

Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah.

VIII/I

Nama nama Tokoh Indische Partij

Siswa dapat menyebutkan nama tokoh tiga serangkai

PG

26

Tokoh pemimpin Indische Partij yang dikenal sebagai Tiga Serangkai yaitu … .

a. Suwardi Suryaningrat, Cipto Mangunkusumo, H.O.SCokroaminoto

b. Suwardi Suryaningrat, H.O.S Cokroaminoto, E.F.E. Douwes Dekker

c. Suwardi Suryaningrat, Cipto Mangunkusumo, E.F.E. DouwesDekker

d. Suwardi Suryaningrat, H.O.S Cokroaminoto, H. Agus Salim

C

27

Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesa-daran nasional, identitas Indonesia, dan perkem-ba ngan pergerakan kebangsaan Indonesia.

VIII/I

Faktor pendorong pergerakan nasional

Siswa dapat menyebutkan faktor pendorong pergerakan nasional indonesia

PG

27

Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1) Timbulnya golongan terpelajar

2) Kem30enangan Jepang atas Rusia

3) Timbulnya gerakan nasional di berbagainegara

4) Terkenang kejayaan masa lampau

5) Penderitaan rakyat yang terus menerus.

Dari pernyataan di atas yang merupakan faktor pendorong pergerakan nasional yang berasal dari dalam tersebut pada nomor ....

a. 1, 2, dan 3 c. 1, 4, dan 5

b. 1, 3, dan 5 d. 2, 3, dan 4

A

28

Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesa-daran nasional, identitas Indonesia, dan perkem-ba ngan pergerakan kebangsaan Indonesia.

VIII/I

System yang digunakn pada masa pergerakan nasional

Siswa dapat mendeskripsikan masa moderat, radikal , kebangkitan naasional

PG

28

Sejak tahun 1930 organisasi-organisasi pergerakan Indonesia mengubah taktik perjuangannya, mereka menggunakan taktik kooperatif atau bersedia bekerja sama dengan pemerintahHindia Belanda, sehingga masa tersebut dikenal dengan ....

a. masa radikal c. masa moderat

b. jaman konsultasi d. jaman penegas

A

29

Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesa-daran nasional, identitas Indonesia, dan perkem-ba ngan pergerakan kebangsaan Indonesia.

VIII/I

Sebab kelahiran budi utomo dijadikan sebagai hari kebangkitan nasional

Siswa dapat menjelaskan penyebab diberi nama hari kebangkitan nasional

PG

29

Tanggal kelahiran Budi Utomo dijadikan sebagai hari Kebangkitan Nasional karena pada tanggal tersebut ....

a. seluruh rakyat Indonesia bersatu bangkit melawan Belanda

b. perjuangan menuju kemerdekaan secara nasional mulai dengan cara baru

c. seluruh rakyat Indonesia menyatakan sumpah setia kepada negara

d. beralihnya pemimpin perjuangan dari generasi tua ke generasi muda

A

30

Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

VIII/I

Upaya upaya pencegahan penyimpangan sosial

Siswa dapat menyebutkan upaya upaya pencegahan penyimpangan

PG

30

Upaya pencegahan penyimpangan sosial perlu melibatkan peran ...

a. keluarga, masyarakat, dan pengusaha.

b. keluarga, masyarakat, dan sekolah.

c. keluarga, sekolah, dan pejabat pemerintah.

d. sekolah, masyarakat, dan pejabat pemerintah.

B

31

Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

VIII/I

Macam macam penyimpangan sosial

Siswa dapat mendeskripsikan penyimpangan sosial

PG

31

Bentuk gambar diatas termasuk jenis penyimpangan...........

a. Individu

b. Kelompok

c. Campuran

d. Tukang becak

B

32

Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

VIII/I

Bentuk bentuk penyimpangan

Siswa dapat menyebutkan bentuk bentuk penyimpangan

PG

32

Korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) sementara ini menjadi pusat perhatian masyarakat untuk segera dibasmi. Dilihat dari kadar penyimpangan dan pelakunya, termasuk bentuk penyimpangan ... .

a. primer-individu c. primer-kelompok

b. individual-kelompok d. sekunder-kelompok

B

33

Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

VIII/I

Maslah yang ditanggung oleh pelaku penyimpangan sosial

Siswa dapat mendeskripsikan pelaku pelaku yang bertanggung jawab dalam penyimpangan sosial

PG

33

Perilaku penyimpangan sosial pada dasarnya merupakan masalah yang menjadi tanggung jawab ... .

a. penegak hukum c. orang tua pelaku

b. tokoh masyarakat d. seluruh anggota masyarakat

D

34

Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

VIII/I

Arti penyimpangan sosial

Siswa dapat mendeskripsikan penyimpangan sosial

PG

34

Suatu istilah kolektif yang mengacu pada proses terencana atau tidak yang mengajarkan, membujuk, atau memaksa individu untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan dan nilai-nilai

kehidupan kelompok disebut ....

a. pengendalian sosial c. tertib sosial

b. penyimpangan sosial d. bakti sosial

A

35

Mendes-kripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara

VIII/I

Macam macam kebutuhan

Siswa dapat menyebutkan jenis jenis kebutuhan

PG

35

Berdasarkan subjek yang membutuhkan, alat-alat tulis bagi seorang pelajar termasuk kebutuhan ... .

a. primer c. individual

b. sekunder d. sekarang

C

36

Mendes-kripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara

VIII/I

Proses penyimpangan

Siswa dapat menyebutkan bentuk bentuk proses penyimpangan sosial;

PG

36

Di sekolah siswa diajarkan untuk sopan santun dan disiplin, sementara di rumah orang tua tidak memerhatikan masalah sopan santun maupun kedisiplinan. Kondisi ini menunjukkan bentuk ....

a. proses pembelajaran yang salah arah

b. proses sosialisasi tidak sempurna

c. suasana keluarga yang tidak mendukung

d. sosialisasi nilai subkebudayaan menyimpang

B

37

Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesa-daran nasional, identitas Indonesia, dan perkem-ba ngan pergerakan kebangsaan Indonesia.

VIII/I

Nama tokoh pergerakan nasional indonesia

Siswa dapat menyebutkan gambar tokoh pergerakan nasional indonesia

PG

37

Siapakah nama tokoh pergerakan nasional Indonesia diatas…….

a. Soekarno c. Moh Hatta

b. Kihajar Dewantara d. Multatuli

B

38

Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

VIII/I

Faktor faktor kenakalan remaja

Faktor faktor terjadinya penyimpangan

PG

38

Terjadinya kenakalan remaja pada umumnya disebabkan oleh faktor

berikut, kecuali ....

a. salah dalam pergaulan di masyarakat

b. anak hanya terpenuhi kebutuhan materiilnya saja

c. mendapat pengaruh dari gambar dan buku-buku bacaan porno

d. kurikulum sekolah yang tidak relevan dengan kemajuan zaman

B

39

Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

VIII/I

Penyimpangan sosial

Siswa dapat mendeskripsikan penyimpangan posistif

PG

39

Penyimpangan positif adalah penyimpangan yang terarah pada ....

a. nilai-nilai sosial yang ideal, walaupun cara yang dilakukan itu seolah-olah tampak meyimpang dari norma yang berlaku

b. bertindak ke arah nilai-nilai sosial yang dipandang rendah, dan akibatnya selalu buruk

c. mengatur adanya tata cara demokrasi yang dinyatakan dalam sistem pemerintahan

d. beroperasi dalam kerangka kerja nilai utama diimplementasikan melalui norma-norma

A

40

Mendes-kripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara

VIII/I

Macam macam kebutuhan

Siswa dapat menyebutkan tiga macam jenis kebutuhan

PG

40

Kebutuhan menurut intensitasnya dibedakan menjadi tiga, yaitu kebutuhan ….

a. primer, sekunder, individu

b. jasmani, rohani, sosial

c. primer, sekunder, tersier

d. sekarang, yang akan datang, lampau

A

41

Mendes-kripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara

VIII/I

Macam mcama kebutuhan

Siswa dapat menyebutkan jenis jenis kebutuhan

Essay berstrukutur

41

Berdasarkan komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin penduduk suatu negara dapat dikelompokkan atas ;

a....................................... b. .......................................

c. ......................................

A

42

Mendes-kripsikan kondisi fisik wilayah dan pendudu

VIII/I

Jenis jenis tanah yang terdapat di pulau jawa

Siswa dapat menyebutkan jenis tanah yang terdapat di pulau jawa

Essay berstrukutur

42

Jenis tanah yang terdapat di Pulau Jawa dan Sumatera adalah ....

Jawab : tanah Alluvial, Tanah Vulklanis

43

Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah.

VIII/I

Nama tokoh pencetus tannam paksa

Siswa dapat menyebutkan nama tokoh yang penerap sistem tanam paksa

Essay berstrukutur

43

Pencetus sekaligus pelaksana Sistem Tanam Paksa (Cultur Stelsel) di Indonesia dalah ...........

Jawab : Van Den Bosch

44

Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah.

VIII/I

Sebutan lembaga penyebar agama kristen protestan

Siswa dapat mendeskripsikan penyebar agama kristen protestan

Essay berstrukutur

44

Lembaga atau seseorang yang bertugas khusus sebagai penyebar agama Kristen Protestan disebut ....

Jawab : Zending

45

Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya

VIII/I

Faktor faktor pertumbuhan alami

Siswa dapat menyebutkan faktor faktor pertumbuhan alami

Essay berstrukutur

45

Pertumbuhan penduduk disebabkan oleh dua (2) faktor, yaitu faktor alami (natural increase) dan faktor sosial (social increase). Yang merupakan faktor alami pertumbuhan penduduk adalah ....

Jawab : Kelahiran dan Kematian

46

Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

VIII/I

bentuk bentuk penyimpangan

Siswa dapat menyebutkan bentuk bentuk penyimpangan

Essay Objktf

46

Jelaskan penyimpangan yang bersifat positif dan penyimpangan yang bersifat negatif! Berikan contoh masing-masing!

47

Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya.

VIII/I

Rasio ketergantungan / DR

Siswa dapat menghitung rasio beban ketergantungan

Essay Objktf

47

Jika diketahui jumlah penduduk usia produktif sebanyak 855.000 sedangkan jumlah penduduk belum produktif sebanyak 175.000 dan penduduk yang tidak produktif sebanyak 85.000. Berapa rasio beban ketergantungannya?

48

Mendes-kripsikan kondisi fisik wilayah dan pendudu

VIII/I

Flora dan funa

Siswa dapat menyebutkan jenis jenis fauna di indonesia

Essay Objktf

48

Sebutkan tiga macam fauna yang ada di indonesia dan berilah contohnya masing masing?

49

Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah.

VIII/I

Kebijakan yang dilaksanakan oleh kolonial di indonesia

Siswa dapat menyebutkan tiga macam kebijakan yang dilakukan oleh kolonial

Essay Objktf

49

Sebutkan 3 (tiga) kebijakan-kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah kolonial di Indonesia!

Jawab : Gold, Glory , Gospel

50

Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat

VIII/I

Penyimpangan sosial

Siswa dapat menjelaskan penyimpangan individu dan sosial

Essay Objktf

50

Jelaskan perbedaan antara penyimpangan individual dengan penyimpangan kelompok! Berilah masing-masing 3 contoh!

Jawab : Penyimpangan yang dilakukan oleh 1 orang

Penyimpangan kelompok penyimpangan yang dilakukan oleh lebih dari 1 orang

Batam, 5 Nopember 2008

Kepala SMP Harapan Utama Guru Bidang studi IPST

Sugiman Arianto S.Pd Iskandar, S.Pd