Wednesday, December 17, 2008
Tuesday, December 16, 2008
soal
Kisi kisi SOAL SEMESTER GANJIL
Jenis sekolah : SMP HARAPAN UTAMA
Kelas : VIII
Tahun pelajaran : 2008/2009
Mata pelajaran : IPST
Alokasi : 90 MENIT
No | Komptensi dasar | Bahan kelas | Materi pkok | Indikator soal | Bentuk test | No soal | Soal | Kunci |
01 | Mendes-kripsikan kondisi fisik wilayah dan pendudu | VIII/I | Letak geografis Indonesia (posisigeografis dan letak geografis | Siswa dapat menyebutkan wilayah indonesia yang berada di selatan | PG | 1 | Wilayah a. Pulau Nusa Barung b. Pulau Weh c. Pulau Roti d. Pulau Kei | C |
02 | Mendes-kripsikan kondisi fisik wilayah dan pendudu | VIII/I | Letak geografis Indonesia (posisigeografis dan letak geografis | Siswa mampu menjelaskan daerah daerah persebaran flora dan fauna di indoensia | PG | 2 | Garis batas persebaran flora dan fauna. a. Wallace c. Weber b. Barat d. Timur | A |
03 | Mendes-kripsikan kondisi fisik wilayah dan pendudu | VIII/I | Letak geografis Indonesia (posisigeografis dan letak geografis | Siswa dapat menyebutkan letak astronomis | PG | 3 | Letak astronomis Indonesia adalah ... . a. 6o LU - 11o LU dan 94o BT - 141o BT b. 6o LU - 11o LS dan 94o BT - 141o BT c. 6o LS - 11o LS dan 94o BB - 141o BB d. 6o LU - 11o LS dan 94o BT - 141o BS | B |
04 | Mendes-kripsikan kondisi fisik wilayah dan pendudu | VIII/I | Faktor faktor pembentuk tanah | Siswa mampu menyebutkan faktor faktor pembentuk tanah | PG | 4 | Berikut merupakan faktor-faktor pembentuk tanah, kecuali ... . a. cuaca/iklim c. topografi/kemiringan lereng b. bunga tanah d. batuan induk | D |
05 | Mendes-kripsikan kondisi fisik wilayah dan pendudu | VIII/I | Jenis jenis tanah | Siswa dapat menjelaskan macam macam tanah | PG | 5 | Tanah yang terbentuk akibat pengendapan bahan organik adalah tanah .... a. Histosol c. Grumusol b. Alluvial d. Latosol | B |
06 | Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah. | VIII/I | Pengaruh pendiudikan barat terhadap bangsa | Siswa dapat mendeskripsikan pengaruh pendidikan barat terhadap bangsa | PG | 6 | Pengaruh pendidikan Barat terhadap bangsa Indonesia ialah.... a. melahirkan golongan terpelajar b. melahirkan tokoh politik c. memunculkan ahli ekonomi d. munculnya golongan anti Belanda | A |
07 | Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya. | VIII/I | Dinamika penduduk | Siswa dapat menyebutkan factor dinamika penduduk | PG | 7 | Faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk adalah ... . a. migrasi, pendapatan, dan pertumbuhan penduduk b. jumlah penduduk, pertumbuhan penduduk, dan migrasi c. kelahiran, migrasi, dan keluarga berencana d. kelahiran, kematian, dan migrasi | D |
08 | Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya. | VIII/I | Macam Macam sensus | Siswa dapat mendeskripsikan jenis jenis sensus | PG | 8 | Made adalah orang Bali asli, sudah dua tahun ia kuliah di Universitas Indonesia (UI) a. convasser c. de jure b. house holder d. de facto | D |
09 | Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya. | VIII/I | Factor tingkat kelahiran | Siswa dapat menyebutkan factor kelahiran dan kematian | PG | 9 | Penundaan usia pernikahan yang dilakukan oleh seseorang karena alasan ekonomi, menempuh pendidikan ataupun karir secara tidak langsung dapat memengaruhi pertumbuhan penduduk, karena hal tersebut termasuk factor….... . a. antinatalitas c. antimortalitas b. pronatalitas d. promortalitas | A |
10 | Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya. | VIII/I | Macam macam piramida penduduk | Siswa dapat mendeskripsikan gambar piramida penduduk | PG | 10 | Gambar di atas merupakan piramida tipe ... . a. konstruktif c. ekspansif b. stasioner d. konvensional | B |
11 | Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya. | VIII/I | Kepadatan penduduk | Siswa dapat mendeskripsikan kepadatan penduduk | PG | 11 | Perhitungan kepadatan penduduk berdasarkan perbandingan antara jumlah penduduk dengan luas wilayah yang ditempatinya disebut kepadatan penduduk …. a. fisiologi c. umum b. agraris d. ekonomis | A |
12 | Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya. | VIII/I | Komposisi penduduk | Siswa dapat mendeskripsikan penduduk berdasarkan umur | PG | 12 | Golongan umur non produktif dalam komposisi penduduk adalah .... a. 0 – 15 tahun c. 35 – 45 tahun b. 15 – 35 tahun d. 45 – 65 tahun | A |
13 | Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya. | VIII/I | Angka kelahiran dan kematian | Siswa dapat mendeskripsikan angka kelahiran | PG | 13 | Angka yang menunjukkan jumlah bayi lahir hidup dari setiap 1000 orang penduduk dalam waktu satu tahun .... a. CBR c. ASFR b. IMR d. Sex ratio | A |
14 | Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya. | VIII/I | Penghitungan jumlah angka kelahiran | Siswa dapat menghitung angka kelahiran penduduk | PG | 14 | Jumlah bayi yang lahir di kabupaten A adalah 1500 bayi, Sedangkan jumlah wanita berusia 15 – 49 tahun pada pertengahan tahun tersebut adalah 75,000 jiwa. Berapakah angka kelahiran umum-nya? a. 5 c. 15 b. 10 d. 20 | B |
15 | Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya. | VIII/I | Pertambahan penduduk | Siswa dapat menhghitung angka pertumbuhan penduduk | PG | 15 | Penduduk daerah X tahun 2005 berjumlah 218 juta, Tingkat kelahiran 1,5% dan tingkat kematian 1%, Pertambahan penduduk alami daerah X tahun 2005 yaitu .... a. 218.000 c. 2.180.000 b. 1.090.000 d. 2.270.000 | A |
16 | Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya. | VIII/I | Sex ratio | Siswa dapat menjelaskan angka rasio ketergantungan | PG | 16 | Angka dependency ratio 55 artinya, yaitu .... a. setiap 100 penduduk usia produktif menanggungn 55 jiwa yang tidak produktif b. setiap 55 penduduk usia produktif menanggung 100 jiwa yang tidak produktif c. setiap 100 penduduk usia produktif memiliki harapan hidup 55 tahun d. setiap 55 penduduk usia produktif memiliki harapan hidup 100 tahun | B |
17 | Mendes-kripsikan perma-salahan lingkungan hidup dan upaya penanggu-langannya dalam pemba-ngunan berkelanjutan. | VIII/I | Lingkungan | Siswa dapat menjelaskan pengertian lingkungan | PG | 17 | Ruang yang ditempati makhluk hidup bersama benda tak hidup disebut ... . a. ekosistem c. populasi b. lingkungan d. habitat | B |
18 | Mendes-kripsikan perma-salahan lingkungan hidup dan upaya penanggu-langannya dalam pemba-ngunan berkelanjutan. | VIII/I | Unsur unsure lingkungan | Siswa dapat menyebutkan unsure unsure lingkungan | PG | 18 | Berikut yang bukan merupakan unsur-unsur lingkungan adalah ... . a. unsur biotik c. unsur abiotik b. unsur manajemen lingkungan d. unsur sosial budaya | B |
19 | Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah. | VIII/I | Masa pemerintahan Daendels | Siswa menjelaskan system yang diteapkan oleh daendels | PG | 19 | Tugas pokok Herman Willem Daendels dikirim ke a. mempertahankan pulau Jawa dari ancaman Inggris b. memimpin rakyat pulau Jawa melaksanakan kerja rodi c. membangun jalan raya dari Anyer sampai Panarukan d. mengembalikan kekuasaan pemerintah pada VOC | C |
20 | Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah. | VIII/I | Factor pendorong kedatangan bangsa barat | Siswa dapat menjelaskan factor pendorong kedatangan bangsa barat | PG | 20 | Salah satu faktor yang mendorong bangsa Barat menjelajah samudra pada abad ke-16 adalah semangat glory, yaitu ... . a. semangat pembalasan sebagai tindak lanjut Perang Salib b. semangat menyebarkan agama Nasrani c. semangat memperoleh kejayaan dan wilayah jajahan d. semangat untuk mencari kekayaan | C |
21 | Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah. | VIII/I | Penyebab daendels disebut sebagai tangan besi | Siswa dapat menjelaskan penyebab daendels disebut sebagai tangan besi | PG | 21 | Daendels dikenal sebagai jenderal bertangan besi sebab ... a. arah kebijakannya difokuskan untuk membangun angkatan perang b. banyak membangun pabrik senjata dan mesin c. memerintah dengan keras dan kejam d. tidak memperhatikan kesejahteraan rakyat | C |
22 | Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah. | VIII/I | Nama pahlawan di tanah bali | Siswa dapat menyebutkan nama tokoh perlawanan di bali | PG | 22 | Patih dan panglima kerajaan Buleleng yang terkenal dalam perlawanan terhadap Belanda adalah .... a. I Gusti Ktut Jelantik b. I Gusti Ngurah Rai c. I Nyoman Panji Tisna d. I Gusti Ngurah Made Gayam | A |
23 | Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah. | VIII/I | Orang yang pertama kali datang ke indonesia | Siswa dapat menyebutkan nama tokoh belanda yang pertama datang di indonesia | PG | 23 | Bangsa Belanda pertama kali datang ke Indonesia dipimpin oleh .... a. Jacob Van Neck b. Cornelis de Houtman c. Herman Willam Daendels d. Johanes Van Den Bosh | B |
24 | Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah. | VIII/I | Tujuan dibuatnya UU Agraria | Siswa dapat menyebutkan tujuan dibuatnya UU Agraria | PG | 24 | Tujuan disusunnya Undang-Undang Agraria oleh Belanda antara lain.... a. melarang orang asing menyewa tanah di Indonesia b. memperkuat hak milik bagi petani di pedesaan c. membatasi luas tanah yang dimiliki oleh perkebunan d. melindungi hak milik petani atas tanahnya dari penguasaan modal asing | D |
25 | Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah. | VIII/I | Arti Hukum Hak Tawan Karang di tanah bali | Siswa dapat mendeskripsikan Hak Tawan Karang di bali | PG | 25 | Pemicu terjadinya Perang Bali adalah adanya Hak Tawan Karang, yaitu ... . a. hak untuk mendapat kekayaan alam laut b. hak menyita barang dari kapal yang terdampar c. hak mendapat upeti dari kapal yang singgah d. hak menyita barang rampasan perang | B |
26 | Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah. | VIII/I | Nama nama Tokoh Indische Partij | Siswa dapat menyebutkan nama tokoh tiga serangkai | PG | 26 | Tokoh pemimpin Indische Partij yang dikenal sebagai Tiga Serangkai yaitu … . a. Suwardi Suryaningrat, Cipto Mangunkusumo, H.O.SCokroaminoto b. Suwardi Suryaningrat, H.O.S Cokroaminoto, E.F.E. Douwes Dekker c. Suwardi Suryaningrat, Cipto Mangunkusumo, E.F.E. DouwesDekker d. Suwardi Suryaningrat, H.O.S Cokroaminoto, H. Agus Salim | C |
27 | Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesa-daran nasional, identitas Indonesia, dan perkem-ba ngan pergerakan kebangsaan Indonesia. | VIII/I | Faktor pendorong pergerakan nasional | Siswa dapat menyebutkan faktor pendorong pergerakan nasional | PG | 27 | Perhatikan pernyataan di bawah ini! 1) Timbulnya golongan terpelajar 2) Kem30enangan Jepang atas Rusia 3) Timbulnya gerakan nasional di berbagainegara 4) Terkenang kejayaan masa lampau 5) Penderitaan rakyat yang terus menerus. Dari pernyataan di atas yang merupakan faktor pendorong pergerakan nasional yang berasal dari dalam tersebut pada nomor .... a. 1, 2, dan 3 c. 1, 4, dan 5 b. 1, 3, dan 5 d. 2, 3, dan 4 | A |
28 | Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesa-daran nasional, identitas Indonesia, dan perkem-ba ngan pergerakan kebangsaan Indonesia. | VIII/I | System yang digunakn pada masa pergerakan nasional | Siswa dapat mendeskripsikan masa moderat, radikal , kebangkitan naasional | PG | 28 | Sejak tahun 1930 organisasi-organisasi pergerakan a. masa radikal c. masa moderat b. jaman konsultasi d. jaman penegas | A |
29 | Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesa-daran nasional, identitas Indonesia, dan perkem-ba ngan pergerakan kebangsaan Indonesia. | VIII/I | Sebab kelahiran budi utomo dijadikan sebagai hari kebangkitan nasional | Siswa dapat menjelaskan penyebab diberi nama hari kebangkitan nasional | PG | 29 | Tanggal kelahiran Budi Utomo dijadikan sebagai hari Kebangkitan Nasional karena pada tanggal tersebut .... a. seluruh rakyat b. perjuangan menuju kemerdekaan secara nasional mulai dengan cara baru c. seluruh rakyat d. beralihnya pemimpin perjuangan dari generasi tua ke generasi muda | A |
30 | Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | VIII/I | Upaya upaya pencegahan penyimpangan sosial | Siswa dapat menyebutkan upaya upaya pencegahan penyimpangan | PG | 30 | Upaya pencegahan penyimpangan sosial perlu melibatkan peran ... a. keluarga, masyarakat, dan pengusaha. b. keluarga, masyarakat, dan sekolah. c. keluarga, sekolah, dan pejabat pemerintah. d. sekolah, masyarakat, dan pejabat pemerintah. | B |
31 | Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | VIII/I | Macam macam penyimpangan sosial | Siswa dapat mendeskripsikan penyimpangan sosial | PG | 31 | Bentuk gambar diatas termasuk jenis penyimpangan........... a. Individu b. Kelompok c. Campuran d. Tukang becak | B |
32 | Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | VIII/I | Bentuk bentuk penyimpangan | Siswa dapat menyebutkan bentuk bentuk penyimpangan | PG | 32 | Korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) sementara ini menjadi pusat perhatian masyarakat untuk segera dibasmi. Dilihat dari kadar penyimpangan dan pelakunya, termasuk bentuk penyimpangan ... . a. primer-individu c. primer-kelompok b. individual-kelompok d. sekunder-kelompok | B |
33 | Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | VIII/I | Maslah yang ditanggung oleh pelaku penyimpangan sosial | Siswa dapat mendeskripsikan pelaku pelaku yang bertanggung jawab dalam penyimpangan sosial | PG | 33 | Perilaku penyimpangan sosial pada dasarnya merupakan masalah yang menjadi tanggung jawab ... . a. penegak hukum c. orang tua pelaku b. tokoh masyarakat d. seluruh anggota masyarakat | D |
34 | Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | VIII/I | Arti penyimpangan sosial | Siswa dapat mendeskripsikan penyimpangan sosial | PG | 34 | Suatu istilah kolektif yang mengacu pada proses terencana atau tidak yang mengajarkan, membujuk, atau memaksa individu untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan dan nilai-nilai kehidupan kelompok disebut .... a. pengendalian sosial c. tertib sosial b. penyimpangan sosial d. bakti sosial | A |
35 | Mendes-kripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara | VIII/I | Macam macam kebutuhan | Siswa dapat menyebutkan jenis jenis kebutuhan | PG | 35 | Berdasarkan subjek yang membutuhkan, alat-alat tulis bagi seorang pelajar termasuk kebutuhan ... . a. primer c. individual b. sekunder d. sekarang | C |
36 | Mendes-kripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara | VIII/I | Proses penyimpangan | Siswa dapat menyebutkan bentuk bentuk proses penyimpangan sosial; | PG | 36 | Di sekolah siswa diajarkan untuk sopan santun dan disiplin, sementara di rumah orang tua tidak memerhatikan masalah sopan santun maupun kedisiplinan. Kondisi ini menunjukkan bentuk .... a. proses pembelajaran yang salah arah b. proses sosialisasi tidak sempurna c. suasana keluarga yang tidak mendukung d. sosialisasi nilai subkebudayaan menyimpang | B |
37 | Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesa-daran nasional, identitas Indonesia, dan perkem-ba ngan pergerakan kebangsaan Indonesia. | VIII/I | Nama tokoh pergerakan nasional indonesia | Siswa dapat menyebutkan gambar tokoh pergerakan nasional | PG | 37 | Siapakah nama tokoh pergerakan nasional Indonesia diatas……. a. Soekarno c. Moh Hatta b. Kihajar Dewantara d. Multatuli | B |
38 | Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | VIII/I | Faktor faktor kenakalan remaja | Faktor faktor terjadinya penyimpangan | PG | 38 | Terjadinya kenakalan remaja pada umumnya disebabkan oleh faktor berikut, kecuali .... a. salah dalam pergaulan di masyarakat b. anak hanya terpenuhi kebutuhan materiilnya saja c. mendapat pengaruh dari gambar dan buku-buku bacaan porno d. kurikulum sekolah yang tidak relevan dengan kemajuan zaman | B |
39 | Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | VIII/I | Penyimpangan sosial | Siswa dapat mendeskripsikan penyimpangan posistif | PG | 39 | Penyimpangan positif adalah penyimpangan yang terarah pada .... a. nilai-nilai sosial yang ideal, walaupun cara yang dilakukan itu seolah-olah tampak meyimpang dari norma yang berlaku b. bertindak ke arah nilai-nilai sosial yang dipandang rendah, dan akibatnya selalu buruk c. mengatur adanya tata cara demokrasi yang dinyatakan dalam sistem pemerintahan d. beroperasi dalam kerangka kerja nilai utama diimplementasikan melalui norma-norma | A |
40 | Mendes-kripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara | VIII/I | Macam macam kebutuhan | Siswa dapat menyebutkan tiga macam jenis kebutuhan | PG | 40 | Kebutuhan menurut intensitasnya dibedakan menjadi tiga, yaitu kebutuhan …. a. primer, sekunder, individu b. jasmani, rohani, sosial c. primer, sekunder, tersier d. sekarang, yang akan datang, lampau | A |
41 | Mendes-kripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara | VIII/I | Macam mcama kebutuhan | Siswa dapat menyebutkan jenis jenis kebutuhan | Essay berstrukutur | 41 | Berdasarkan komposisi penduduk menurut umur dan jenis kelamin penduduk suatu negara dapat dikelompokkan atas ; a....................................... b. ....................................... c. ...................................... | A |
42 | Mendes-kripsikan kondisi fisik wilayah dan pendudu | VIII/I | Jenis jenis tanah yang terdapat di pulau jawa | Siswa dapat menyebutkan jenis tanah yang terdapat di pulau jawa | Essay berstrukutur | 42 | Jenis tanah yang terdapat di Pulau Jawa dan Sumatera adalah .... Jawab : tanah Alluvial, Tanah Vulklanis | |
43 | Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah. | VIII/I | Nama tokoh pencetus tannam paksa | Siswa dapat menyebutkan nama tokoh yang penerap sistem tanam paksa | Essay berstrukutur | 43 | Pencetus sekaligus pelaksana Sistem Tanam Paksa (Cultur Stelsel) di Indonesia dalah ........... Jawab : Van Den Bosch | |
44 | Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah. | VIII/I | Sebutan lembaga penyebar agama kristen protestan | Siswa dapat mendeskripsikan penyebar agama kristen protestan | Essay berstrukutur | 44 | Lembaga atau seseorang yang bertugas khusus sebagai penyebar agama Kristen Protestan disebut .... Jawab : Zending | |
45 | Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya | VIII/I | Faktor faktor pertumbuhan alami | Siswa dapat menyebutkan faktor faktor pertumbuhan alami | Essay berstrukutur | 45 | Pertumbuhan penduduk disebabkan oleh dua (2) faktor, yaitu faktor alami (natural increase) dan faktor sosial (social increase). Yang merupakan faktor alami pertumbuhan penduduk adalah .... Jawab : Kelahiran dan Kematian | |
46 | Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | VIII/I | bentuk bentuk penyimpangan | Siswa dapat menyebutkan bentuk bentuk penyimpangan | Essay Objktf | 46 | Jelaskan penyimpangan yang bersifat positif dan penyimpangan yang bersifat negatif! Berikan contoh masing-masing! | |
47 | Mengiden-tifikasi perma- salahan kepen- dudukan dan upaya penang- gulangan-nya. | VIII/I | Rasio ketergantungan / DR | Siswa dapat menghitung rasio beban ketergantungan | Essay Objktf | 47 | Jika diketahui jumlah penduduk usia produktif sebanyak 855.000 sedangkan jumlah penduduk belum produktif sebanyak 175.000 dan penduduk yang tidak produktif sebanyak 85.000. Berapa rasio beban ketergantungannya? | |
48 | Mendes-kripsikan kondisi fisik wilayah dan pendudu | VIII/I | Flora dan funa | Siswa dapat menyebutkan jenis jenis fauna di indonesia | Essay Objktf | 48 | Sebutkan tiga macam fauna yang ada di indonesia dan berilah contohnya masing masing? | |
49 | Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah. | VIII/I | Kebijakan yang dilaksanakan oleh kolonial di indonesia | Siswa dapat menyebutkan tiga macam kebijakan yang dilakukan oleh kolonial | Essay Objktf | 49 | Sebutkan 3 (tiga) kebijakan-kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah kolonial di Indonesia! Jawab : Gold, Glory , Gospel | |
50 | Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat | VIII/I | Penyimpangan sosial | Siswa dapat menjelaskan penyimpangan individu dan sosial | Essay Objktf | 50 | Jelaskan perbedaan antara penyimpangan individual dengan penyimpangan kelompok! Berilah masing-masing 3 contoh! Jawab : Penyimpangan yang dilakukan oleh 1 orang Penyimpangan kelompok penyimpangan yang dilakukan oleh lebih dari 1 orang | |
Batam, 5 Nopember 2008
Kepala SMP Harapan Utama Guru Bidang studi IPST
Sugiman Arianto S.Pd Iskandar, S.Pd